5 Tips Agar Berani Tampil Bernyanyi Di Muka Umum



http://4.bp.blogspot.com/_vjjERIYK6Hc/TM0oC8f87WI/AAAAAAAAASc/LeNx6GPXfqo/s1600/kucing+nyanyi.jpeg


Merasa punya suara seperti gitar rusak? Pandai menyanyi di kamar mandi tapi gak berani tampil menyanyi di depan publik? STOP!! Agan and sista bisa mempelajari teknik sederhana berikut ini dan rasakan bedanya! Ya .. setidak-tidaknya kamu minimal bisa menyanyi dengan benar dan gak malu-maluin lagi dech ...

Simak dan praktekkan tips berikut ini:


1. Bernafas Dengan Benar
Walau punya suara oke tapi jika teknik bernafas kita salah, nyanyi bisa jadi nggak oke. Bernafas yang benar bakal bikin suara kita tambah oke. Menurut singingtips, pernafasan yang baik melibatkan otot-otot diagframa (antara dada dan perut). Ketika menarik nafas, diagframa menekan ke bawah dan berkontraksi karena paru-paru sedang mengambil udara. Tindakan ini membuat otot tulang membusung ke depan. Cara bernafas seperti tadi wajib dilakukan ketika bersiap untuk menyanyi. Lepaslah nafas dan mulailah bernyanyi.
Mengetahui cara bernafas bakal membuat Anda mengetahui berapa bait yang bisa dihabiskan dalam satu tarikan nafas. Jika masih sulit juga mengendalikan nafas, coba cara ini. Tutup salah satu telinga dengan tangan (seperti ketika menelepon). Lakukan cara pernafasan tadi dan coba dengarkan suara Anda. Cara ini membuat Anda lebih mudah mengontrol nafas. Jika bait yang akan dinyanyikan tidak terlampau panjang, tak perlu ambil nafas terlalu dalam untuk menghindari sisa udara yang keluar sehingga suara Anda seperti berdengus.



2. Menyanyi Seperti Bintang Televisi
Belakangan ini banyak reality show yang membuka kesempatan bagi siapa saja untuk menjadi bintang di panggung nyanyi. Anda juga bisa! Caranya, setelah latihan bernafas coba maju ke latihan teknik menyanyi. Pelajari kaset atau CD berbagai penyanyi idola. Bedakan cara mereka bernyanyi dan pelajari sebanyak mungkin. Jika ingin lebih cepat, cari seorang pelatih atau belajar dari CD-CD latihan nyanyi.
Coba juga berlatih menyanyi acapela alias tanpa iringan musik. Setiap Anda latihan menyanyi, rekam suara Anda. Pelajari kesalahan dan kelebihan suara Anda. Yang paling penting, sering-sering lah tampil. Memperbanyak kesempatan tampil bisa membuat Anda lebih percaya diri. Gelar pertunjukan sebanyak mungkin, walaupun hanya di depan pacar atau di hadapan keluarga Anda.



3. Penghayatan Lagu
Menghayati lagu bisa membuat penampilan Anda lebih maksimal. Pahami lagunya dan rasakan apa yang dimaksud oleh sang penyanyi atau penulis lagu. Agar penghayatan lebih mendalam gunakan gerak tubuh dan mimik wajah. Kalau bingung banget mau gaya apa, tirukan saja videoklip lagu tersebut. Nggak usah malu untuk bergoyang sesuai irama. Tapi ingat! Jaga terus teknik pernafasan yang benar.



4. Jangan Terpaku Pada Satu Genre
Yup Betul banget! Anda nggak hanya bisa menyanyi di satu jenis musik saja. Memang suara vokal Anda akan menunjukan kecocokan pada salah satu genre. Tapi, semua lagu pasti bisa Anda nyanyikan tergantung caranya. Atur penempatan pernafasan dan penekanan pada salah satu bagian tubuh. Misalnya, ketika Anda membiarkan udara keluar dari dada maka Anda menggunakan suara dada. Cobalah bereksperimen dengan berbagai jenis suara yang bisa Anda lakukan. Pilih mana yang paling pas untuk lagu favorit Anda. Coba terus!



5. Latihan Terus
Inilah kunci paling penting! Tekhnik nafas udah, tehknik nyanyi juga udah, belajar gaya apalagi! Nah tinggal latihan terus supaya suara tambah oke. Jangan tunggu diajak teman. Ajak duluan teman Anda ke karaoke atau jangan malu-malu tampil di panggung acara kantor atau di lingkungan rumah.

Semoga bermanfaat ...