Takut disuntik? cobalah cara ini




Bagaimana reaksi Anda saat dokter mengharuskan untuk disuntik? Gugup, mengerutkan kening atau menggigil? Ada banyak kasus orang takut disuntik. Tapi ada beberapa jurus yang bisa mengurangi ketakutan tersebut salah satunya dengan batuk-batuk.

Tak sedikit orang yang mengaku takut disuntik dan jarum suntik. Hal ini biasanya diakibatkan trauma atau pengalaman yang tidak menyenangkan dengan rasa sakit saat dokter mengharuskannya disuntik.

Orang yang fobia dengan jarum suntik biasanya lebih memilih pengobatan lain apapun yang tidak menggunakan jarum. Tapi injeksi atau pengobatan suntik adalah bagian pengobatan yang tidak dapat dihindari.

Berikut beberapa cara yang dapat mengurangi rasa sakit saat disuntik, seperti dilansir Lifemojo, Selasa (15/3/2011), yaitu:

1. Batuk
Sebuah penelitian yang melibatkan 68 anak-anak yang dilakukan di University of Nebraska menemukan bahwa anak-anak yang terbatuk-batuk saat mendapatkan vaksin lebih sedikit mengalami sakit.

Menurut para peneliti, batuk saat disuntik bisa memberikan gangguan sementara dan merangsang peningkatan tekanan darah yang menghambat persepsi nyeri. Untuk efek maksimal, batuk dilakukan bertepatan dengan masuknya jarum ke kulit.

2. Alihkan perhatian
Saat menunggu jarum suntik menyentuh kulit, orang cenderung merasa sangat khawatir. Jadi yang terbaik adalah dengan mengalihkan perharian dengan terlibat dalam beberapa kegiatan menghibur seperti membaca buku atau majalah, atau dengan mendengarkan musik.

3. Mengalihkan pandangan
Ketika berada di ruang tunggu, fokus perhatian pasien biasanya ada pada tanda, simbol atau gambar pada ruangan yang identik dengan rumah sakit dan mengingatkan Anda pada jarum suntik.

Cobalah untuk mengalihkan pandangan pada hal-hal detail di ruangan tersebut yang tidak berhubungan dengan rumah sakit, seperti berapa jumlah bunga di meja atau bagaimana ekspresi wajah dari lukisan yang ada di dinding. Hal ini setidaknya bisa membantu mengalihkan pikiran Anda pada jarum suntik.

4. Menarik napas dalam
Latihan pernapasan dalam sangat membantu mengurangi stres dan membuat pikiran santai sebelum disuntik.

5. Hindari kekakuan pada lengan
Biasanya orang yang sudah merasa takut sebelum disuntik akan mengalami kekakuan pada lengan atau daerah lain yang akan disuntik, hal ini bisa menambah rasa sakit. Sebaliknya, bila lengan dibuat santai dan tidak kaku, maka rasa sakit akan sedikit berkurang. [detik health]

Post a Comment