Kenali Masalah Rambut Anda dari Sekarang






















Liputan6.com, New York: Tubuh kita tak dapat berbicara mengutarakan apa yang sedang terjadi. Kendati, bagi kebanyakan kaum Hawa, ada sinyal-sinyal tersendiri yang membuat wanita tahu perubahan yang ada dalam dirinya. Meskipun demikian, tetap saja wanita kerap melupakan masalah sepele yang menjangkit mahkota mereka. Apa saja problema tersebut?

1. Ketombe 

Ketombe bisa menjadi masalah yang timbul lantaran rambut terlalu kering atau kulit kepala begitu berminyak. Bukan cuma itu, menggunakan shampo tak teratur tentunya juga bisa menjadi salah satu penyebab ketombe muncul. Sejumlah dermatologis atau ahli penyakit kulit mengatakan bahwa ketombe juga merupakan hasil dari tumbuhnya jamur di kulit kepala. Untungnya, ketombe tak dapat memengaruhi kesehatan penderitanya.

2. Rambut rontok 
Penelitian yang dilakukan oleh dermatologis membuktikan kaum Hawa kehilangan 90 sampai 100 helai rambut setiap harinya. Tapi, jangan khawatir, sekitar 90 persen dari folikel rambut yang Anda miliki, tumbuh secara teratur. Sementara 10 persen sisanya mengalami fase istirahat alias telogen. Rambut dari folikel ini jatuh setiap dua sampai tiga bulan hingga kemudian diganti dengan rambut baru.

Catatan:
Rambut rontok juga bisa menjadi hadiah bagi Anda yang melakukan diet tak teratur atau pun terlalu ketat. Pasalnya, agar tetap sehat dan bersinar, rambut membutuhkan protein, zinc, zat besi, vitamin A, asam lemak, dan omega 3. Hal yang perlu Anda hindari adalah meningkatkan nafsu makan. Karena jika tidak, efeknya akan langsung terlihat di mahkota Anda.

3. Memutihnya rambut 
Ubanan atau memutihnya rambut tidak selalu menggambarkan penuaan. Rambut beruban prematur juga terkait dengan sifat-sifat keturunan Anda. Ubanan tidak bisa dikaitkan dengan kesehatan yang buruk. Namun kondisi seperti anemia, masalah tiroid, kekurangan vitamin B12 dan vitiligo (kondisi kulit saat hilangnya warna cokelat dari daerah kulit) dapat menyebabkan ubanan dini.(Lifemojo/ADO) 

Post a Comment